Pengaruh Pelatihan Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang)

AjengShintaKumala (2010) Pengaruh Pelatihan Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: (1). metode pelatihan, (2). materi pelatihan, dan (3). instruktur pelatihan terhadap peningkatan kinerja pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kinerja) terhadap variabel bebas (metode pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur pelatihan) digunakan analisis regresi dengan analisa uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu menjelaskan pengaruh variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi sebanyak 30 orang tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi liniear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedasitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel metode pelatihan (X 1 ), materi pelatihan (X 2 ), dan instruktur pelatihan (X 3 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dengan signifikasi 0,002. Sedangkan secara parsial, variabel materi pelatihan (X 2 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dengan signifikansi variabel sebesar 0,023, sedangkan variabel metode pelatihan (X 1 ) dan instruktur pelatihan (X 3 ) menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,741 dan 0,118. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja yaitu variabel materi pelatihan (X 2 ) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,446. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel bebas yaitu, metode pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur pelatihan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang, namun tidak secara parsial. Variabel materi pelatihan (X 2 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/657/051003834
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2011 15:13
Last Modified: 24 Oct 2021 09:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104928
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item