AjengShintaKumala (2010) Pengaruh Pelatihan Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: (1). metode pelatihan, (2). materi pelatihan, dan (3). instruktur pelatihan terhadap peningkatan kinerja pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kinerja) terhadap variabel bebas (metode pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur pelatihan) digunakan analisis regresi dengan analisa uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu menjelaskan pengaruh variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi sebanyak 30 orang tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi liniear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedasitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel metode pelatihan (X 1 ), materi pelatihan (X 2 ), dan instruktur pelatihan (X 3 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dengan signifikasi 0,002. Sedangkan secara parsial, variabel materi pelatihan (X 2 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dengan signifikansi variabel sebesar 0,023, sedangkan variabel metode pelatihan (X 1 ) dan instruktur pelatihan (X 3 ) menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,741 dan 0,118. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja yaitu variabel materi pelatihan (X 2 ) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,446. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel bebas yaitu, metode pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur pelatihan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang, namun tidak secara parsial. Variabel materi pelatihan (X 2 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja tenaga pendidik SDIT Insan Permata Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/657/051003834 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 15:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 09:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104928 |
Text
BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
KATA_PENGANTAR+DAFTAR_ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Lembar_Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Ringkasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |