Analisis Peran Kemitraan Usaha Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kemitraan UD. Aneka Kepada UMKM Pengrajin Batik Tulis Madura di Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan)

TantryEvalentina (2010) Analisis Peran Kemitraan Usaha Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kemitraan UD. Aneka Kepada UMKM Pengrajin Batik Tulis Madura di Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki UMKM yang memiliki kemitraan usaha adalah Desa Klampar Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Usaha yang digeluti di Desa Klampar ini adalah usaha kecil pengrajin batik tulis Madura. Batik tulis sendiri merupakan salah satu komoditi yang di unggulkan di daerah Pamekasan selain industri sapi potong, kripik tette, gula siwalan, dan genteng. Salah satu alasan batik tulis Madura digemari adalah karena memiliki corak dan warna yang khas. Coraknya berkisar antara hewan dan tumbuhan, warnanya pun dirasa lebih berani dibandingkan dengan warna-warna batik yang diproduksi di daerah Jawa Tengah seperti warna coklat sagon (tua), hitam, merah, dan hijau dan warna kunyit busuk ( konye bucco) . Selain itu jumlah sentra batik tulis Madura yang berada pada Desa Klampar lebih banyak dibandingkan dengan desa-desa lainnya yang berada di Kabupaten Pamekasan, menjadikan Desa Klampar merupakan sentra yang paling besar di Kabuapten Pamekasan. Tujuan daripada penelitian ini adalah menjelaskan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan UMKM pengrajin batik tulis Madura di Desa Klampar yang bermitra langsung dengan UD. Aneka serta menjelaskan dampak yang dirasakan oleh UMKM pengrajin batik tulis Madura di Desa Klampar sesudah dan sebelum melakukan kemitraan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berarti pendekatan penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi (gabungan). Hasil dari penelitian ini menjelaskan faktor pendukung dalam kemitraan usaha antara UMKM pengrajin batik tulis Madura dengan UD. Aneka adalah kemitraan usaha dapat menyerapan tenaga kerja, keahlian membatik secara turun temurun juga menjadi faktor pendukung kemitraan usaha antara UMKM batik tulis Madura dengan UD. Aneka. Selain itu kemitraan usah dapat berfungsi mempersempit ruang persaingan usaha. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sifat dari pengusaha UMKM yang tidak jujur dalam melakukan kemitraan. Dampak kemitraan antara UMKM pengrajin batik tulis Madura dengan UD. Aneka, terdiri dari dampak terhadap pemasaran, modal usaha, keterampilan dan tenaga kerja. Dampak lain dari kemitraan usaha antara UMKM batik tulis Madura dengan UD. Aneka adalah masyarakat lokal di Desa Klampar menjadi aktif dalam mengembangkan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/643/051003665
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2011 09:51
Last Modified: 24 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104915
[thumbnail of 051003665.pdf]
Preview
Text
051003665.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item