Implementasi Perencanaan Perpajakan pada Koperasi Sebagai Upaya Efisiensi Beban Pajak (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan “PIJAR” PT. PLN APJ Pasuruan)

ElmyKusumawati (2010) Implementasi Perencanaan Perpajakan pada Koperasi Sebagai Upaya Efisiensi Beban Pajak (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan “PIJAR” PT. PLN APJ Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini, pembahasan yang dilakukan adalah mengenai perencanaan pajak sebagai upaya efisiensi pembayaran pajak pada Koperasi Karyawan “PIJAR” Pasuruan. Perencanaan pajak merupakan tahapan awal dari manajemen pajak yang bertujuan untuk dapat memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar tetapi jumlah pajak yang harus dibayarkan dapat ditekan semaksimal mungkin untuk memperoleh laba yang optimal. Manajemen pajak meliputi usahausaha untuk melakukan penghindaran pajak dengan memanfaatkan celah-celah yang ada dalam peraturan perpajakan. Dengan demikian usaha tersebut legal dipandang dari sisi hukum karena tetap mengacu pada peraturan yang ada. Secara garis besar penelitian ini mengamati unsur-unsur fleksibilitas biaya fiskal, maksudnya adalah strategi agar biaya yang semula tidak dapat dikurangkan terhadap penghasilan kena pajak menjadi dapat dikurangkan. Dari analisa yang dilakukan, koperasi dapat meminimalkan pembayaran pajak dengan memanfaatkan peluang yang ada pada peraturan perpajakan untuk meningkatkan biaya fiskal, meliputi pembebanan pajak penghasilan karyawan, pemilihan metode penyusutan aktiva tetap, alternatif perolehan aktiva tetap, dan pembebanan biaya perjalanan dinas karyawan, Setelah mengadakan pengamatan atas laporan keuangan Koperasi Karyawan “PIJAR” Pasuruan tahun 2009, ternyata pihak ko perasi belum melakukan perencanaan pajak secara optimal. Diharapkan dengan strategi perencanaan pajak tersebut koperasi dapat memperoleh penghematan pajak dengan tidak melanggar ketentuan peundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/638/051003539
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2011 10:57
Last Modified: 24 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104909
[thumbnail of 051003539.PDF]
Preview
Other
051003539.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item