Optimalisasi pendapatan sektor parkir dalam meningkatkan pendapatan asli daerah : Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Probolinggo.

HappyAkbarPamungkas (2010) Optimalisasi pendapatan sektor parkir dalam meningkatkan pendapatan asli daerah : Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program otonomi daerah yang mensyaratkan adanya proporsionalitas dan keadilan dalam distribusi wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Dengan otonomi daerah, daerah diberi wewenang untuk menggali dan mengoptimalkan potensi keuangan daerah yang diantaranya berasal dari pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah. Pajak dan retribusi daerah merupakan elemen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang potensial, yang salah satunya adalah pajak dan retribusi parkir. Objek dalam penelitian ini adalah pemerintah Kota Probolinggo yang merupakan salah satu kota yang sedang berkembang di Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan objek secara sistematis, dalam hal ini upaya Pemerintah Kota Probolinggo dalam melakukan optimalisasi terhadap pemungutan pajak dan retribusi daerah, khususnya pajak parkir dan retribusi parkir, untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerahnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pendapatan parkir menunjukkan hasil yang positif, dengan kata lain terdapat pencapaian yang signifikan atas penerimaan pajak dan retribusi parkir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/636/051003537
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2010 08:57
Last Modified: 24 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104907
[thumbnail of 051003537.pdf]
Preview
Text
051003537.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item