Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda Motor Honda Absolue REVO 110 (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang)

OmarHafidzAbipraya (2010) Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda Motor Honda Absolue REVO 110 (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu industri yang beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan dan berkembang pesat adalah industri sepeda motor. Ini disebabkan sepeda motor merupakan sarana transportasi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, ini terlihat dari banyaknya jumlah sepeda motor yang ada di jalan. Sepeda motor bebek Honda Absolute Revo 110 menjadi salah satu produk andalan PT Astra Honda Motor (AHM) karena memberikan unsur-unsur teknologi terbaru, selain itu juga Honda Absolute Revo 110 memang lebih berdesain modern, bergaya lincah, kokoh, dan dilengkapi dengan fitur-fitur terkini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis varibel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda Absolute Revo 110 pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel bebas (X), antara lain variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ), serta satu variabel terikat yaitu keputusan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penemuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F menunjukkan variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ), secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan uji t menunjukkan variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari pengujian hipotesis III menunjukkan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel citra produk (X 3 ) dengan nilai standardized coefficients (beta) sebesar 0,456 atau 45,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/633/051003534
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jan 2011 14:16
Last Modified: 24 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104904
[thumbnail of 051003534.pdf]
Preview
Text
051003534.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item