SiskaLindaCitradewi (2009) Analisis Tingkat Kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk. Dengan Menggunakan Metode CAMEL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bank merupakan suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar aliran lalu lintas pembayaran. Salah satu dari fungsi bank adalah menghimpun dana yang juga merupakan salah satu keunggulan dari bank. Sehingga bank wajib memelihara tingkat kesehatan bank dengan prinsip kehati-hatian. Dalam melakukan penilaian tingkat kesehatan bank, umumnya dengan menggunakan metode CAMEL. Karena CAMEL tidak hanya untuk menilai tingkat kesehatan bank tetapi juga dapat memprediksi prospek suatu bank di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank BCA tahun 2005-2008 dengan menggunakan metode CAMEL. Perhitungan dengan metode CAMEL memperhitungkan mengenai permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas dari suatu bank. Dari hasil perhitungan tingkat kesehatan Bank BCA dengan menggunakan metode CAMEL dapat diketahui tingkat kesehatan bank BCA selama tahun 2005-2008 dapat dikategorikan sehat. Jika dilihat dari faktor permodalan yang digambarkan dengan CAR mengalami penurunan dari 21,6% menjadi 15,6% , meskipun mengalami penurunan CAR sudah baik karena persentase CAR sudah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebesar 8 %. Faktor kualitas aktiva produktif yang ditunjukkan dengan BDR mengalami penurunan dari 0,98% menjadi 0,55%, penurunan ini menunjukkan bahwa Bank BCA mampu menjaga kualitas aktiva produktifnya agar tidak termasuk kategori bermasalah. Diliat dari segi CAD pada tahun 2005 sebesar 100,58% , tahun 2006 sebesar 119,46%, tahun 2007 sebesar 95,80% dan tahun 2008 menjadi 140,72%. Hal ini menunjukkan bahwa Bank BCA sudah mengalokasikan dananya dalam bentuk aktiva produktif, sehingga kualitas aktiva produktif yang dimiliki oleh Bank BCA dikategorikan sehat. Penilaian kualitas manajemen Bank BCA, dengan nilai rata-rata komponen Bank BCA telah mendekati skala nilai maksimal yaitu 4 dan memenuhi 81% dari aspek tersebut maka Bank BCA memiliki predikat sehat. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen bank BCA mempunyai komitmen yang tinggi untuk melaksanakan praktik perbankan yang sehat dan berupaya maksimal menjalankan kegiatan operasionalnya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dalam mengidentifikasi, mengukur, mengawasi dan mengontrol risiko-risiko yang timbul melalui kebijakan-kebijakan dan strategi bisnisnya untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai. Tingkat Rentabilitas yang digambarkan dengan ROA mengalami penurunan dari 3,40 % menjadi 23,33%. Hal ini menunjukkan kinerja keuangan kurang baik, karena telah melebihi ketentuanyang telah ditetapkan Bank Indonesia bahwa Bank yang sehat harus memiliki ROA 1,215 % sampai dengan lebih dari 1,5 %. Rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional yang dimiliki oleh Bank BCA adalah sebesar 65,18% pada tahun 2005; 65,97% pada tahun 2006; 65,88% pada tahun 2007; 59,41 pada tahun 2008. Hal tersebut menunjukkan bahwa BOPO Bank BCA sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia yakni tidak melebihi 93,5%. Likuiditas yang digambarkan dengan Loan to Deposit Ratio pada periode tahun 2005 sampai dengan 2008 secara keseluruhan kurang dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia yaitu sebesar 89,8%. Pada tahun 2005 LDR Bank BCA sebesar 41,78%, tahun 2006 sebesar 40,21%, tahun 2007 sebesar 43,55% dan pada tahun 2008 sebesar 58,83%. Semakin tinggi rasio ini memberikan indikasi bahwa semakin rendah kemampuan likuiditas bank tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelima faktor dalam metode CAMEL dapat dijadikan acuan dalam menilai kesehatan bank karena metode tersebut telah memperhitungkan seluruh komponen utama dalam suatu bank.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/632/051003533 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Jan 2011 13:55 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 09:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104903 |
Preview |
Text
abtraksi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_IV_revisi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |