Analisa Manajemen Strategi Sebagai Upaya Mempertahankan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada KAP “Madia Subakti”)

VinaMahardikaKurniawaty (2010) Analisa Manajemen Strategi Sebagai Upaya Mempertahankan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada KAP “Madia Subakti”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dunia usaha yang semakin ketat juga berdampak pada kelangsungan hidup Kantor Akuntan Publik. KAP dalam sudut pandangnya sebagai organisasi yang menyediakan jasa audit dan jasa konsultasi bisnis jelas akan menghadapi persaingan dengan organisasi penyedia jasa sejenis, sehingga keunggulan kompetitif yang menjadi penentu kemenangan. Di sisi lain, dalam sudut pandang klien yang dilayani, persaingan usaha yang ketat tidak jarang membuat perusahaan klien harus menekan biaya; termasuk biaya audit, sehingga turut menekan kelangsungan hidup KAP. Hal yang sama juga terjadi pada KAP Madia Subakti. Kondisi tersebut mendorong KAP untuk mengevaluasi ulang kebijakan strategisnya untuk mengantisipasi berbagai perubahan lingkungan bisnis dan mempertahankan kepuasan klien yang dilayani. Berpijak pada uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada di lingkungan KAP Madia Subakti dan 2) menentukan strategi yang harus dilakukan KAP Madia Subakti. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis lingkungan bisnis KAP Madia Subakti yang diterapkan dengan lingkup analisis lingkungan internal menekankan pada analisis kekuatan/kelemahan dan eksternal dengan penekanan ancaman/peluang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis ETOP (lingkungan eksternal), SAP (lingkungan internal), dan SWOT (analisis Strategi). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) lingkungan eksternal didominasi ancaman yang kurang menunjang pelaksanaan operasional, 2) lingkungan internal didominasi oleh kekuatan yang cukup besar sehingga sangat memenuhi syarat untuk menghadapi persaingan bisnis, 3) KAP berada situasi dimana perusahaan memiliki daya tarik bisnis yang tinggi namun kurang ditunjang oleh kondisi lingkungan ekstenal yang menguntungkan, dan 4) Alternatif strategi yang tersedia bagi KAP Madia Subakti adalah strategi bertahan dan strategi pengurangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/626/051003527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2011 14:11
Last Modified: 24 Oct 2021 09:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104896
[thumbnail of ABSTRAKSI_2_.pdf] Text
ABSTRAKSI_2_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf] Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Text
DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf] Text
DAFTAR_TABEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf] Text
KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP_vina.pdf] Text
RIWAYAT_HIDUP_vina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Bab_1-5.pdf] Text
Skripsi_Bab_1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item