Analisis Akuntansi Lingkungan dan Pertanggungjawaban Perusahaan Terhadap Lingkungan : Studi kasus di Rumah Sakit Umum Saiful Anwar Malang.

RosaAmalia (2010) Analisis Akuntansi Lingkungan dan Pertanggungjawaban Perusahaan Terhadap Lingkungan : Studi kasus di Rumah Sakit Umum Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan akuntansi lingkungan dan kegiatan-kegiatan pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh RSU Dr.Saiful Anwar Malang. Selain itu juga untuk mengetahui bentuk pelaporan akuntansi lingkungan pada laporan tahunan yang dibuat oleh per usahaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang merupakan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakan dan kondisi saat ini dari subjek penelitian, serta interaksinya dengan lingkungan. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan selama proses penelitian ini adalah membuat perencanaan penelitan, penelitian lapangan (field research), membuat menuskrip, analisis data, dan pembuatan kesimpulan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RSU Dr. Saiful Anwar Malang telah melakukan tanggung jawabnya terhadap lingkungan alam. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan pengelolaan limbah dengan standar pencapaian mutu ISO 9001-2000. Pencatatan pengeluaran untuk biaya pengelolaan limbah tidak dicatat dalam akun tersendiri, misalkan akun biaya pengelolaan limbah. Hal ini membuat pembaca laporan keuangan menjadi bertanya-tanya dimana biaya pengelolaan limbah dicatat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/604/051003506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jan 2011 11:42
Last Modified: 24 Oct 2021 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104872
[thumbnail of 051003506.pdf]
Preview
Text
051003506.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item