Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar.

IkaNurwatiSantoso (2010) Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis dibidang ritel yang semakin meningkat memaksa pengusaha bisnis ritel untuk mengerahkan kemampuan dan strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satunya dengan menganalisa perilaku konsumen. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang dibahas adalah bauran ritel sebagai kombinasi dari beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, menjadikan perhatian dalam usaha mengembangkan bisnis ritel lebih terfokus secara efisien dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran ritel yakni lokasi toko, pelayanan, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, karyawan toko, dan metode promosi, terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar; dan menentukan variabel bauran ritel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di Apollo Superstore Kota Blitar, Jln. HOS Cokroaminoto 22 Kota Blitar dengan total responden sebanyak 80 orang, pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria yang ditetapkan pada responden adalah warga Kota Blitar, berusia diatas 17 tahun, konsumen telah berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar minimal dua kali, dan jumlah pembelian minimal lima puluh ribu rupiah. Data di analisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, yang melibatkan sebuah variabel terikat dan tujuh variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bauran ritel yang terdiri dari lokasi toko, pelayanan, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, karyawan toko, dan metode promosi, berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel lokasi merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/600/051003502
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2011 11:31
Last Modified: 24 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104868
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item