Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Siklus pendapatan minyak dan gas pada JOB Pertamina-Petrochina East Java, Soko-Tuban).

RikaOktariaHazarine (2010) Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Siklus pendapatan minyak dan gas pada JOB Pertamina-Petrochina East Java, Soko-Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah studi kasus, dimana dalam pengumpulan, pengambilan dan menganalisis data dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian dengan maksud agar data yang diperoleh dan keterangan yang lengkap sesuai dengan masalah yang dihadapi. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis prosedur pendapatan dari migas di JOB Pertamina-Petrochina East Java, Soko/Tuban dan untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian internal dalam siklus pendapatan dari migas di JOB Pertamina-Petrochina East Java, Soko/Tuban. Dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisis sistem pengendalian intern atas siklus pendapatan minyak dan gas pada JOB Pertamina-Petrocina East Java, Soko/Tuban yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa prosedur pendapatan dari migas di JOB Pertamina- Petrochina East Java, Soko/Tuban dibagi menjadi dua yaitu mengenai penjualan kredit dan tunai. Dalam prosedur penjualan secara kredit perusahaan menggunakan dasar letter of credit (L/C). Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa saran penulis yaitu diharapkan pihak perusahaan untuk melakukan evaluasi atas sistem otorisasi dan prosedur pencatatan dalam pelaksanaan sistem pengendalian intern atas siklus pendapatan yang telah dilakukan oleh perusahaan, yaitu dengan melakukan pembagian tugas dan wewenang yang memadai sehingga dapat mendukung internal check di dalam unit organisasi dan menyebabkan data akuntansi yang dihasilkan dapat dipercaya atas kebenarannya. Diharapkan perusahaan untuk lebih memperhatikan atas usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka untuk membentuk karyawan yang benar-benar memiliki kemampuan serta kompetensi yang tinggi dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan. Langkah nyata yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan mengikutsertakan para karyawan dalam kegiatan pelatihan terutama yang dilakukan di luar perusahaan, yang bertujuan dalam usaha meningkatkan kemampuan dalam bekerja di perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/561/051003206
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2010 11:59
Last Modified: 24 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104826
[thumbnail of 051003206.pdf]
Preview
Text
051003206.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item