Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Blackberry

AryaniDeviana (2010) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Blackberry. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, persaingan antar perusahaan dalam menawarkan produknya sudah tidak dapat dihindari lagi. Akibatnya, konsumen memiliki banyak pilihan sebelum mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk. Ada beberapa motivasi untuk membeli suatu produk. Satu hal yang dapat menjadi motivasi konsumen adalah merek sebuah produk. Sehingga perusahaan pun dituntut untuk bersaing secara kompetitif (competitive rivalry) dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal, dan salah satunya adalah melalui perang antar merek. Perusahaan semakin menyadari merek sebagai aset perusahaan yang paling bernilai. Begitu pentingnya merek bagi sebuah perusahaan, sehingga masing-masing dari perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah merek dan mengelolanya sebaik mungkin dan secara terus-menerus. Hal ini dikarenakan sebuah merek dapat menjadi sebuah ekuitas (modal) bagi perusahaan. Sebagai intangible asset, tak jarang merek memiliki nilai jual yang jauh lebih besar daripada tangible asset yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. Salah satu perusahaan yang telah berupaya melakukan pengelolaan ekuitas merek adalah Research In Motion (RIM) yang merupakan perusahaan pengembang telepon seluler Blackberry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh ekuitas merek secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Blackberry yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa jurusan Manajemen Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang kemudian digunakan beberapa analisis antara lain: uji instrumen penelitian dengan uji validitas, uji reliabilitas, metode analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel-variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan variabel persepsi kualitas merupakan variabel yang dominan berpengaruh jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada kemudian digunakan beberapa analisis antara lain: uji instrumen penelitian dengan uji validitas, uji reliabilitas, metode analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel-variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan variabel persepsi kualitas merupakan variabel yang dominan berpengaruh jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/559/051003204
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2010 13:48
Last Modified: 24 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104823
[thumbnail of 051003204.pdf]
Preview
Text
051003204.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item