YehezkielAdiperwiraTahapary (2010) Analisis Swot sebagai dasar perencanaan alternatif strategi pada Perusahaan : Studi Kasus di PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi oleh PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo serta menentukan alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan dalam menghadapi perubahan yang dinamis. Fokus permasalahan adalah melihat kondisi internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan serta kondisi eksternal perusahaan yang mencakup peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer dan sekunder diolah sedemikian rupa sehingga terkumpul informasi mengenai kekuatan dan kelemahan PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo serta peluang dan ancaman yang dihadapi. Variabel operasional dalam penelitian ini terdiri dari faktor internal yang meliputi Produksi dan Operasi, Pemasaran dan Distribusi, Personil dan Hubungan Perburuhan, dan Sumber-sumber Corporate sedangkan faktor eksternal meliputi Ekonomi, Politik dan Pemerintahan, Pasar dan Persaingan, Pemasok dan Tekhnologi dan Sosial. Pengumpulan data mengenai variabel operasional tersebut diperoleh dari studi pustaka, observasi, wawancara dengan sumber data yang diteliti. Informasi yang telah dikumpulkan ini kemudian dianalisis dengan menggunakan alat analisis berupa Matriks ETOP, Matriks SAP, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam diagram analisis SWOT berdasarkan analisis ETOP dan analisis SAP dapat diketahui bahwa posisi PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo berada di kuadran I dengan kekuatan internal perusahaan yang positif dan potensial (sebesar 1,57 dari matriks SAP) dan juga mempunyai peluang pada lingkungan eksternal yang di atas rata-rata (sebesar 1,12 dari matriks ETOP) sehingga strategi yang dapat dipilih adalah Strategi yang Agresif. Alternatif strategi yang dapat menjadi pilihan pada kuadran tersebut antara lain Strategi Penetrasi, Strategi Pengembangan Pasar, dan Strategi Pengembangan Produk. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT maka alternatif strategi yang dapat digunakan oleh PT. Kutai Timber Indonesia – Probolinggo adalah Strategi Pengembangan Pasar dengan "Membangun pabrik di lokasi lain" atau Strategi Pengembangan Produk dengan "Meningkatkan jenis produk". Setelah dievaluasi peluang terbesar dari setiap strategi tersebut pada matriks QSPM maka strategi yang dapat dilakukan adalah "Meningkatkan jenis produk".
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/556/051003201 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Oct 2010 10:04 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 08:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104820 |
Preview |
Text
051003201.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |