Pengujian Efisiensi Pasar Bentuk Setengah Kuat Secara Keputusan: Event Study Terhadap Pengumuman Dividen Meningkat Pada Bursa Efek Indonesia

AlbertusWihananta (2010) Pengujian Efisiensi Pasar Bentuk Setengah Kuat Secara Keputusan: Event Study Terhadap Pengumuman Dividen Meningkat Pada Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara keputusan dengan studi peristiwa terhadap pengumuman dividen meningkat pada Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada perioda 2004-2006. Sampel dipilih dengan menggunakan metoda pemilihan sampel bertujuan ( purposive sampling ). Sampel penelitian adalah 71 perusahaan yang mengumumkan dividen kas meningkat dalam perioda penelitian. Analisis dalam penelitian ini meliputi 3 aspek: abnormal return , kecepatan reaksi pasar dan ketepatan reaksi pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan selama 2 hari pada perioda jendela, yang berarti pasar bereaksi terhadap pengumuman dividen meningkat dan pasar bereaksi secara cepat. Untuk menganalisis ketepatan reaksi pasar, sampel dibedakan menjadi 2 bagian: perusahaan bertumbuh dan perusahaan tidak bertumbuh. Pasar seharusnya bereaksi positif terhadap pengumuman dividen meningkat oleh perusahaan bertumbuh dan bereaksi negatif atau tidak bereaksi terhadap pengumuman dividen meningkat oleh perusahaan tidak bertumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar bereaksi positif terhadap perusahaan bertumbuh dan tidak bereaksi terhadap perusahaan tidak bertumbuh. Jadi, kesimpulannya adalah pasar modal Indonesia telah mencapai efisiensi bentuk setengah kuat secara keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/551/051003196
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2010 09:43
Last Modified: 24 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104815
[thumbnail of 051003196.pdf]
Preview
Text
051003196.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item