Minat Menggunakan Internet Banking yang Dipengaruhi oleh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kredibilitas : Gender sebagai Variabel Moderating

AnnisaRahmawati (2010) Minat Menggunakan Internet Banking yang Dipengaruhi oleh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kredibilitas : Gender sebagai Variabel Moderating. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking , gender sebagai varibel moderating dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang diajukan oleh F.D.Davis (1989). Penelitian ini dilakukan di sejumlah sektor perbankan yang terdapat di kota Malang. Penelitian dilakukan di sektor perbankan dan memperoleh responden sebanyak 81 orang nasabah yang mengetahui dan menggunakan layanan internet banking dalam kegiatan perbankannya. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dan moderating regression analysis dengan software SPSS 14 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model regresi I menunjukkan bahwa secara simultan, variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kredibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan internet banking . Selain itu secara parsial menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kredibilitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan internet banking . Hal ini berarti bahwa minat penggunaan internet banking dipengaruhi oleh variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kredibilitas. Selanjutnya hasil analisis untuk model regresi II menunjukkan bahwa variabel gender tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel moderating dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kredibilitas. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor perbankan yang mengimplementasikan dan mengembangkan internet banking bagi kegiatan perbankannya, untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan internet banking .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/55/051000447
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Feb 2010 11:22
Last Modified: 24 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104813
[thumbnail of 051000447.pdf] Text
051000447.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item