Peranan Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Investasi dan Modal Kerja : Penelitian pada PT Bank “X” Cabang Malang

LibriyantiUmulChasanah (2010) Peranan Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Investasi dan Modal Kerja : Penelitian pada PT Bank “X” Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komponen pengendalian internal yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan terhadap efektivitas sistem pemberian kredit investasi dan modal kerja pada PT. Bank “X” Cabang Malang. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Penelitian ini terdiri atas lima variabel bebas (X), yaitu variabel lingkungan pengendalian (X1), variabel penaksiran risiko (X2), variabel informasi dan komunikasi (X3), variabel aktivitas pengendalian (X4) dan variabel pemantauan (X5). Sampel pada penelitian ini adalah pegawai tetap PT. Bank “X” Cabang Malang yang berada pada bagian kredit, khususnya yang menangani kredit produktif yaitu berjumlah 21 orang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang diperoleh danalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 15.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perubahan variabel evektivitas sistem pemberian kredit investasi dan modal kerja pada PT. Bank “X” Cabang Malang (Y) dapat dijelaskan oleh variabel pengendalian internal (X) sebesar 8,30%, sedangkan sisanya sebesar 17,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari kelima variabel bebas tersebut, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap efektivitas sistem pemberian kredit investasi dan modal kerja pada PT. Bank “X” Cabang Malang (Y) adalah variabel pemantauan (X5) dengan nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi sebesar 0,449.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/540/051003185
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2010 10:16
Last Modified: 24 Oct 2021 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104803
[thumbnail of 051003185.pdf]
Preview
Text
051003185.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item