Keunggulan Bersaing Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Pada Perumahan Jaya Maspion Permata PT. Megatopmas Prima Jayaland Group Sidoarjo.

DinniMaharaniP (2010) Keunggulan Bersaing Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Pada Perumahan Jaya Maspion Permata PT. Megatopmas Prima Jayaland Group Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya pertumbuhan penduduk yang pesat, timbul salah satu masalah penting yang harus ditangani pemerintah, swasta maupun masyarakat sendiri, yaitu dalam penyediaan sarana tempat tinggal. PT. Megatopmas Prima merupakan grup usaha property PT. Jayaland (Pembangunan Jaya Group) yang pada saat ini sedang menangani proyek perumahan Jaya Maspion Permata yang terletak di lokasi strategis di Selatan Surabaya yaitu di daerah Aloha Sidoarjo. Jaya Maspion Permata merupakan proyek rumah inden dimana belum tercipta lingkungan perumahan dan belum ada bangunan rumah contoh sehingga calon pembeli tidak dapat melihat bukti fisik dari rumah ketika akan membeli rumah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis mengenai keunggulan bersaing dalam penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Megatopmas Prima di dalam persaingan antara pengembang perumahan dalam upaya untuk mengantisipasi ketatnya persaingan diantara pengembang property . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Penelitian ini dilakukan di PT. Megatopmas Prima Jayaland Group Sidoarjo, dengan alamat Komplek Ruko Gateway A-10 Jalan Ahmad Yani Sidoarjo. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan snowball sampling dimana responden dipilih setelah informasi dikumpulkan dari responden pertama, kemudian responden tersebut diminta untuk menunjuk beberapa orang lain yang dapat ditarik sebagai informan. Informan dalam penelitian ini meliputi Manajer Operasional Unit Real Estate dan Property , seorang Manajer Pemasaran, seorang Manajer Proyek, dan sebanyak lima orang sales . Data penelitian diambil dengan teknik kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif dimana ada tiga jenis kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengumpulan data sendiri merupakan proses siklus dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan keunggulan bersaing namun tidak mengarah kepada keunggulan bersaing dalam penerapan strategi pemasarannya. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti perlu memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh Manajer Operasional Unit Real Estate dan Property , Manajer Pemasaran, Manajer Proyek, dan sales force dalam menghadapi persaingan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/4/051000177
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Feb 2010 09:56
Last Modified: 24 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104768
[thumbnail of Skripsi_0610220068.pdf]
Preview
Text
Skripsi_0610220068.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item