Analisis Variabel Dominan Antara Kebijakan Perpajakan, Peraturan Perpajakan, dan Administrasi Perpajakan Sebagai Motivasi Perencanaan Pajak Perusahaan Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang

DianAyuPuspitasariWahyudi (2010) Analisis Variabel Dominan Antara Kebijakan Perpajakan, Peraturan Perpajakan, dan Administrasi Perpajakan Sebagai Motivasi Perencanaan Pajak Perusahaan Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena adanya perbedaan kepentingan antara Wajib Pajak dengan Fiskus, maka muncul lah perencanaan pajak. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui motivasi terbesar antara Kebijakan Perpajakan, Peraturan Perpajakan, dan Administrasi Perpajakan bagi perusahaan dalam melakukan perencanaan pajak. Selain itu, manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah informasi mengenai faktor-faktor perpajakan yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan perencanaan pajak. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 50 responden yang melakukan perencanaan pajak yaitu perwakilan perusahaan yang sedang melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) Massa perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Untuk membuktikan hasil penelitian, digunakan metode analisis data yang berupa regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R Square yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 17.0 sehingga dapat diperoleh hasil analisis yang membuktikan bahwa Kebijakan Perpajakan adalah motivasi terbesar bagi Perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang dalam melakukan perencanaan pajak. Karena dalam analisis data yang telah dilakukan, Kebijakan Perpajakan memiliki signifikansi pengaruh yang lebih besar daripada Peraturan Perpajakan dan Administrasi Perpajakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/39/051000397
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2010 15:29
Last Modified: 24 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104767
[thumbnail of KELENGKAPAN.pdf]
Preview
Text
KELENGKAPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item