Analisis Efisiensi Pasar Modal Bentuk Setengah Kuat Atas Reaksi Terhadap Pengumuman Laporan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Publik yang Secara Konstan Masuk dalam LQ45

IkaWidhiarti (2010) Analisis Efisiensi Pasar Modal Bentuk Setengah Kuat Atas Reaksi Terhadap Pengumuman Laporan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Publik yang Secara Konstan Masuk dalam LQ45. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar modal Indonesia telah menunjukkan peranan penting dalam menggerakkan dana, yaitu dengan berperan sebagai sarana penyaluran dana dari pemodal kepada perusahaan melalui penjualan saham dan obligasi serta derivatif. Untuk kepentingan analisa dalam berinvestasi di bursa sangat diperlukan adanya informasi relevan dapat bersumber dari laporan keuangan. Laporan keuangan menyediakan informasi yang berguna dalam membuat keputusan bisnis. Penelitian ini dibatasi pada reaksi pasar atas pengumuman atau publikasi laporan keuangan, tercermin dalam perubahan return dan abnormal return yang bisa diperoleh pemegang saham dan mengetahui apakah BEI memenuhi efisiensi pasar modal bentuk semi kuat dengan pendekatan market adjusted model dengan studi kasus pada perusahaan go publik yang secara konstan masuk dalam LQ45 untuk periode 2006-2008. Pengukuran efisiensi pasar dilakukan dengan menggunakan abnormal return dan cumulative abnormal return saham. Penelitian ini menggunakan data harian, dengan periode 14 hari sebelum, saat dan 14 hari setelah pengumuman laporan keuangan. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test dan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tahun 2006 nilai return, abnormal return dan cumulative abnormal return sebelum dan setelah pengumuman adalah berbeda signifikan, Ho ditolak, yang berarti tahun 2006 telah memenuhi efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara informasi. Untuk laporan keuangan periode 2007 dan 2008 diperoleh hasil bahwa nilai return, abnormal return dan cumulative abnormal return sebelum dan setelah pengumuman adalah tidak berbeda signifikan, Ho diterima, yang berarti tahun 2007 dan 2008 belum memenuhi efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara informasi, akan tetapi berdasarkan pengamatan pengumuman laporan keuangan memiliki kandungan informasi, akan tetapi reaksi pasar lambat sehingga belum memenuhi efisiensi pasar bentuk setengah kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/24/051000382
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2010 15:20
Last Modified: 24 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104749
[thumbnail of 051000382.pdf]
Preview
Text
051000382.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item