Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Penetapan Strategi Perusahaan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang)

EstyPramita (2010) Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Penetapan Strategi Perusahaan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan jaman dan tekhnologi, serta meningkatnya pendidikan dan tingkat perekonomian mendorong semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Hal ini mendorong semakin ketatnya persaingan yang terjadi di bidang jasa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, balai pengobatan, dan lain sebagainya. Persaingan di bidang jasa pelayanan kesehatan di Malang, khususnya rumah sakit, semakin terlihat dari naik turunnya jumlah pasien. Persaingan ini diprediksikan akan terus meningkat mengingat jasa pelayanan kesehatan merupakan bidang yang dibutuhkan banyak orang sehingga akan menghasilkan keuntungan yang besar. Sebagai salah satu rumah sakit besar di Malang, RSU Dr. Saiful Anwar Malang juga bersaing ketat dengan rumah sakit-rumah sakit swasta, balai pengobatan, puskesmas, dan jasa pelayanan kesehatan lainnya yang banyak tersebar khususnya di Kotamadya Malang. Untuk tetap dapat bertahan dan berkembang dalam kondisi persaingan ini, pihak manajemen RSU Dr. Saiful Anwar Malang harus selalu tanggap dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan analisis lingkungan baik internal maupun eksternal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta peluang dan ancaman yang dihadapi RSU Dr. Saiful Anwar Malang. Berdasarkan analisis ETOP dan analisis SAP, RSU Dr. Saiful Anwar Malang memiliki lebih banyak kekuatan yang dapat dimanfaatkan daripada kelemahannya, serta memiliki lebih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan daripada ancaman yang harus dihadapi. Berdasarkan analisis SWOT, posisi RSU Dr. Saiful Anwar Malang berada pada kuadran satu sehingga dapat diketahui alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/23/051000381
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2010 11:05
Last Modified: 24 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104748
[thumbnail of 051000381.pdf]
Preview
Text
051000381.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item