Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Stock Split (Suatu Pengamatan Pada Abnormal Return dan Trading Volume Activity Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2007-2009).

FerinaNurlaily (2010) Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Stock Split (Suatu Pengamatan Pada Abnormal Return dan Trading Volume Activity Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2007-2009). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Event study merupakan studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa ( event ) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Jika pengumuman mengadung informasi, maka diharapkan pasar akan bereaksi pada waktu pengumuman tersebut diterima oleh pasar, yang dalam penelitian ini ditunjukkan oleh trading volume activity dan abnormal return saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah abnormal return dan trading volume activity saham perusahaan manufaktur sesudah stock split berbeda secara signifikan dengan sebelum pengumuman stock split . Sampel penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling yang merupakan metode pengambilan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Berdasarkan metode purposive sampling ini terdapat 9 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sebagai perusahaan sampel yang melakukan stock split tahun 2007-2009. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample t-test yang digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua sampel atau lebih yang berhubungan atau berpasangan. Periode pengamatan ( event window ) dalam penelitian ini diambil 11 hari disekitar tanggal pengumuman, yaitu 5 hari sebelum tanggal pengumuman stock split (t-5), 1 hari saat tanggal pengumuman (t0), dan 5 hari setelah tanggal pengumuman stock split (t+5). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar modal bereaksi terhadap pengumuman stock split pada periode sebelum dengan saat pengumuman stock split serta sesudah dengan saat pengumuman stock split . Hal ini ditunjukkan dengan a bnormal return saham yang berbeda secara signifikan pada periode tersebut. Namun pasar tidak bereaksi terhadap pengumuman stock split pada periode sebelum dengan sesudah stock split dimana abnormal return saham tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada periode tersebut. Dilihat dari perbedaan Trading Volume Activity , pasar modal tidak bereaksi terhadap pengumuman stock split pada periode sebelum dengan saat pengumuman stock split , sesudah dengan saat pengumuman stock split , dan sebelum dengan sesudah pengumuman stock split . Hal ini ditunjukkan dengan tidak terdapat perbedaan yang signifikan Trading Volume Activity saham pada periode tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/187/051001021
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Apr 2010 14:40
Last Modified: 24 Oct 2021 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104735
[thumbnail of 051001021.pdf]
Preview
Text
051001021.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item