AdityoLukitoWardono (2010) Perencanaan Strategi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Pada UD. Gajah Bangkit di Kabupaten Malang . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, misi dan tujuan, serta perencanaan strategi yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada UD. Gajah Bangkit. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif ( explorative descriptive research ) dengan pendekatan studi kasus ( case study ). Data diperoleh melalui penggabungan beberapa metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen UD. Gajah Bangkit (internal), serta dokumentasi beberapa surat kabar, jurnal, buku, dan artikel (eksternal). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif). Perencanaan strategi diawali dengan menganalisis lingkungan eksternal dan internal melalui analisa SWOT ( strength, weakness, opportunity, threat ), dari hasil analisa SWOT dapat diketahui inovasi yang dilakukan dan peningkatan efektifitas biaya produksi. Penerapan inovasi nilai dengan kerangka kerja empat langkah bagi UD. Gajah Bangkit merupakan langkah yang tepat. Perusahaan ini menghapus cara pandang masyarakat mengenai makanan kecil dan menghapus salah satu produknya, yakni makaroni. Selain itu, perusahaan ini juga mengurangi penggunaan tenaga kerja tambahan di waktu tertentu. Upaya peningkatan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan variasi promosinya, yakni melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) serta menambahkan sisi entertaintment . Hasil dari kerangka kerja ini memunculkan produk baru yang mengikuti perkembangan lingkungan dan upaya perluasan pasar bagi UD. Gajah Bangkit, yakni dengan menghadirkan makanan yang sehat dan berkhasiat. Untuk memasuki Blue Ocean, UD. Gajah Bangkit harus menerapkan enam prinsip Blue Ocean yang mendorong pelaksanaan strategi Blue Ocean Strategy , yakni: (1) Membentuk ulang batasan-batasan pasar, (2) Fokus pasar yang lebih luas, bukan hanya pada kesibukan memenangkan persaingan, (3) Menjangkau hingga pada pasar yang belum tersentuh, (4) Menjalankan rangkaian strategis secara benar, (5) Mengatasi rintangan organisasi, dan (6) Menjalankan eksekusi strategi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/182/051001016 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 14 Apr 2010 12:14 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104730 |
Text
051001016.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |