Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Kartu Perdana Telekomunikasi IM3 Versi “Murah Itu IM3” Menggunakan EPIC Model (Studi Pada Masyarakat Umum di Kecamatan Lowokwaru Malang)

GatyaAryaBhaswara (2010) Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Kartu Perdana Telekomunikasi IM3 Versi “Murah Itu IM3” Menggunakan EPIC Model (Studi Pada Masyarakat Umum di Kecamatan Lowokwaru Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari iklan televisi kartu perdana telekomunikasi IM3 versi "Murah Itu IM3" dengan menggunakan EPIC Model, yaitu salah satu alat untuk mengukur keefektivitasan iklan televisi yang dikembangkan oleh perusahaan peneliti pemasaran terkemuka di dunia yaitu AC Nielsen. Terdapat 4 dimensi yang digunakan, yaitu Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang, dan sampel yang diteliti adalah masyarakat umum di Kecamatan Lowokwaru Malang yang pernah melihat iklan televisi kartu perdana telekomunikasi IM3 versi "Murah Itu IM3" yang berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan data menggunakan non random sampling . Sumber data terdiri dari data primer, yaitu hasil jawaban kuesioner, dan data sekunder, yaitu profil PT Indosat Tbk yang diambil dari dokumen perusahaan, dan aneka referensi lainnya. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Hasil dari analisis skor rata-rata menunjukkan bahwa dimensi empathy (empati) yang digunakan untuk mengukur tingkat kebagusan dan rasa suka responden terhadap iklan televisi kartu perdana telekomunikasi IM3 versi "Murah Itu IM3" mendapat nilai skor rata-rata 3,928 yang menurut EPIC Model masuk dalam kategori efektif. Dimensi persuasion (persuasi) yang digunakan untuk mengukur ketertarikan terhadap produk dan keinginan responden untuk membeli kartu perdana telekomunikasi IM3 menunjukkan nilai skor rata-rata 3,385 yang menurut EPIC Model masuk dalam kategori cukup efektif. Dimensi impact (dampak) yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan mengenai produk kartu perdana telekomunikasi IM3 kepada responden dan tingkat kreativitas iklan televisi kartu perdana telekomunikasi IM3 versi "Murah Itu IM3" dibandingkan dengan iklan televisi kartu perdana telekomunikasi lainnya, menunjukkan nilai skor rata-rata 3,521 yang menurut EPIC Model masuk dalam kategori efektif. Dimensi communication (komunikasi) yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsumen menangkap pesan utama yang disampaikan, pemahaman konsumen, serta kekuatan pesan yang ditinggalkan dari iklan televisi kartu perdana telekomunikasi IM3 versi "Murah Itu IM3" menunjukkan nilai skor rata-rata 3,839 yang menurut EPIC Model masuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/173/051001006
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Apr 2010 12:07
Last Modified: 24 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104720
[thumbnail of 051001006.pdf] Text
051001006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item