Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia).

RatihUtantiPutri (2010) Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan corporate governance yang terdiri dari empat aspek yaitu: investor institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit terhadap nilai perusahaan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (investor institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit) terhadap variabel terikat (nilai perusahaan) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengujian hipotesis. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling , disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t . Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel investor institusional (INST), kepemilikan manajerial (KMAN), komisaris independen (KIND), dan komite audit (KAUD) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,180 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,122 (12,2%).Sedangkan secara parsial, variabel investor institusional (INST) menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan signifikansi sebesar 0,015, sedangkan variabel kepemilikan manajerial (KMAN), komisaris independen (KIND), dan komite audit (KAUD) menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap nilai perusahaan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,496, 0,586, 0,942.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/170/051000994
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Apr 2010 12:44
Last Modified: 24 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104718
[thumbnail of 051000994.pdf]
Preview
Text
051000994.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item