Pengaruh Brand Image terhadap keputusan konsumen dalam membeli layanan internet Speedy.

AnitaKurniasari (2010) Pengaruh Brand Image terhadap keputusan konsumen dalam membeli layanan internet Speedy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian layanan internet Speedy , serta untuk mengetahui variabel dari brand image yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian layanan internet Speedy . Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand image yang terdiri dari Citra Pembuat (X 1 ), Citra Pemakai (X 2 ), dan Citra Produk (X 3 ), sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y) yang diukur dengan tingkat kebutuhan konsumen, citra merek Speedy secara keseluruhan, keragu-raguan, dan apakah konsumen akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Tujuh puluh responden dari pelanggan Speedy PT Telekomunikasi Indonesia Kandatel Malang-STO Blimbing dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 15.0 for windows . Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel bebas di atas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa ketiga variabel brand image yang terdiri dari variabel Citra Pembuat (X 1 ), Citra Pemakai (X 2 ), dan Citra Produk (X 3 ), berpengaruh terhadap keputusan konsumen (pelanggan Speedy PT Telekomunikasi Indonesia Kandatel Malang) dalam membeli layanan internet Speedy . Dari ketiga variabel brand image , diketahui bahwa variabel Citra Produk (X 3 ) memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari nilai Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0,938 artinya 93,8% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas yaitu variabel Citra Pembuat (X 1 ), Citra Pemakai (X 2 ), dan Citra Produk (X 3 ). Berdasarkan dari penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/16/051000265
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2010 11:12
Last Modified: 23 Oct 2021 18:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104706
[thumbnail of 051000265.pdf]
Preview
Text
051000265.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item