Sikap Konsumen pada Program Corporate Social Responsibility dan Pengaruhnya Terhadap Brand Loyalty Produk Indosat” (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang)

UcikNatalia (2010) Sikap Konsumen pada Program Corporate Social Responsibility dan Pengaruhnya Terhadap Brand Loyalty Produk Indosat” (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program corporate social responsibility atau yang disingkat dengan CSR merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi jangka panjang terhadap satu isu tertentu di masyarakat atau lingkungan untuk dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Penilaian atau persepsi dari konsumen mengenai program CSR dapat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen pada program CSR dan pengaruhnya terhadap brand loyalty produk Indosat. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Brawijaya Malang yang merupakan pelanggan Indosat. Untuk selanjutnya "konsumen" dalam penelitian ini akan disebut "pelanggan" karena produk yang menjadi obyek penelitian merupakan produk jasa. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sikap pelanggan produk Indosat yang di dalamnya terdiri dari motivasi dan fit (kesesuaian) program CSR Indosat sebagai variabel bebas dan loyalitas merek ( brand loyalty ) sebagai variabel terikat. Besarnya populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, jumlah sampel yang diambil berdasarkan rumus Hair Jr. dalam Aritonang yaitu 15-20 kali jumlah subvariabel bebas maka dapat dihitung jumlah sampel yang diambil sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara nonprobability sampling yaitu dengan metode purposive sampling . Pengambilan data dilakukan dengan melalui kuesioner dan wawancara terhadap responden. Alat analisis yang digunakan yaitu: tabulasi sederhana, croostabulation , chi square , analisis regresi sederhana, uji f. Hasil dari penelitian ini menyatkan bahwa 75 responden (75%) bersikap positif terhadap program CSR Indosat, sedangkan dari uji regresi dapat disimpulkan bahwa sikap pelanggan pada program CSR Indosat berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty produk Indosat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/154/051000930
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2010 10:06
Last Modified: 23 Oct 2021 18:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104700
[thumbnail of 051000930.pdf]
Preview
Text
051000930.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item