Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Studi Kasus Pada Farm Fish Boster Centre, Sidoarjo

Khotimah, Khusnul (2018) Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Studi Kasus Pada Farm Fish Boster Centre, Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Skripsi ini dilaksanakan di Farm Fish Boster Centre yang terletak di Pergudangan Sinar Gedangan G-37, Gemurung - Gedangan pada tanggal 11 Desember 2018 – 24 Desember 2018. Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah berjalan sejak akhir 2015 yang artinya pasar bebas Asian Tenggara sudah terbuka. Sumber daya manusia merupakan salah satu aset terpenting bagi perusahaan, sehingga perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia dapat mengembangkan keahlian dalam bentuk softskill maupun hardskill terlebih dapat menghadapi tantangan di era MEA. Farm Fish Boster Centre adalah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak dalam budidaya dan pengolahan hasil-hasil perikanan ikan air tawar. Selain mengolah dalam bentuk setengah jadi, Farm Fish Boster Centre juga semakin mengembangkan perusahaannya menjadi perusahaan industri yang mengolah berbagai macam olahan jadi hasil perikanan. Sehingga Farm Fish Boster Centre dapat dikatan memiliki peluang untuk dikembangkan karena mengingat ketersediaan. Sehingga Farm Fish Boster Centre dapat dikatakan memiliki peluang untuk dikembangkan karena mengingat bahan baku merupakan hasil dari budidaya sendiri. Namun, semua hal tersebut tidak terlepas dari peran sumber daya manusia yang menjalani setiap kegiatan yang ada di perusahaan. Selain itu dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan. Perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan perkembangan jaman maupun memanfaatkan kesempatan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui profil Farm Fish Boster Centre, 2) Mengetahui program-program pengembangan karyawan pada Farm Fish Boster Centre, 3) Menganalisis faktor internal dan eksternal pengembangan karyawan yang di jalankan oleh Farm Fish Boster Centre , dan 4) Merumuskan strategi pengembangan karyawan untuk digunakan Farm Fish Boster Centre. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang merupakan Manager yang ada di Farm Fish Boster Centre. Jenis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor internal dan eksternal, penentuan posisi perusahaan menggunakan matriks IE, dan matriks SWOT untuk penentuan strategi, serta matriks Grand Strategy untuk fokus strategi yang dibahas. Berdasarkan Internal-Eksternal Matrix, dengan nilai total skor IFAS = 0,83 menggambarkan bahwa Farm Fish Boster Centre memiliki faktor internal yang kuat, dimana kekuatan-kekuatan yang ada bisa meminimalisir kelemahan yang ada. Sedangkan skor EFAS sebesar 0,58 menggambarkan bahwa Farm Fish Boster Centre memiliki respon yang baik terhadap peluang-peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman yang muncul. Terdapat beberapa strategi yang telah dirumuskan berdasarkan analisa SWOT, yaitu : (a) Program pembinaan dapat membantu karyawan menambah ii kemampuan dalam menghadapi perkembangan teknologi; (b) Memanfaatkan Badan Nasional Setifikasi Profesi untuk menfasilitasi karyawan terhadap pengembangan karyawan; (c) Memanfaatkan ketersediaan sumber daya manusia yang berkompeten berkompeten untuk memperoleh karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan; (d) Adanya BNSP diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga program pengembangan dapat terlaksana secara optimal; (e) Penyediaan fasilitas berupa komputer khusus untuk divisi pemasaran sehingga proses pembukuan dan perencanaan secara tertulis dapat berjalan secara teratur; (f) Melaksanakan program pengembangan karyawan agar karyawan yang berpengalaman dapat mengembangkan keahlian sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja asing; (g) Melakukan pengembangan yang berhubungan dengan diversivikasi produk agar perusahaan mempunyai kekuatan dari sisi produk sebagai pencapaian visi dan misi Farm Fish Boster Centre sehingga dapat bersaing di pasar (h) Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan sejenis; (i) Memaksimalkan program pengembangan bagi karyawan agar dapat bersaing di era MEA; (j) Mengadakan gathering pada kurun waktu tertentu agar dapat mempererat kekerabatan dan kekeluargaan antar karyawan menjadi tinggi, dengan loyalitas karyawan yang tinggi sehingga dapat meminimalkan keinginan karyawan untuk resign. Berdasarkan hasil analisis Matriks Grand Strategy, didapatkan hasil berupa titik koordinat yang mana hasil perhitungan berada pada daerah kuadran I atau berada pada daerah SO (Strenght Opportunity) yang artinya strategi pengembangan sumber daya manusia adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Dengan kata lain, Farm Fish Boster Centre memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi yang menjadi prioritas ialah Strategi SO, sebagai berikut: (1) Program pembinaan dapat membantu karyawan menambah kemampuan dalam menghadapi perkembangan teknologi; (2) Memanfaatkan Badan Nasional Setifikasi Profesi untuk menfasilitasi karyawan terhadap pengembangan karyawan; (3) Memanfaatkan ketersediaan Sumber daya manusia yang berkompeten untuk memperoleh karyawan sesuai kebituhan perusahaan. Adapun implikasi pengembangan sumber daya manusia antara lain sebagai berikut: (1) Pelatihan dengan cara mendatangkan ahli budidaya ke dalam perusahaan, (2) Magang antar devisi dalam perusahaan, (3) Uji Kompetensi dengan mengirimkan karyawan ke Lembaga Sertifikasi Profesi, (4) Studi banding pada tambak udang yang sudah berpengalaman, (5) Memberikan reward berupa pujian pada karyawan atas pencapaian yang melebihi target perusahaan, (6) Optimalisasi pemanfaatan teknologi berupa penggunaan aplikasi gratis pada bidang pemasaran, (7) Gathering berupa rekreasi bersama karyawan dan keluarga untuk meciptakan rasa kekeluargaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditujukan saran sebagai berikut: (a) Bagi Perusahaan disarankan untuk mulai memperhatikan sumber daya manusia sebagai aset perusahaan yang penting dengan cara membuat perencanaan mulai dari perekrutan karyawan, seleksi, mengembangkan dan evaluasi, (b) Perusahaan juga disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi misalnya penggunaan aplikasi pemasaran yang dapat mempermudah kinerja karyawan, (c) Diharapkan ada kerjasama dengan instansi atau lembaga sertifikasi untuk menfasilitasi karyawan untuk mengembangkan kemampuannya, seperti pelatihan manajerial.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/30/051801902
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.209 2 Fishermen
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2018 04:13
Last Modified: 24 Oct 2021 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10469
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (361kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item