Kunci Sukses Membangun Aliansi Pemberdayaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Malang.

StevanusHendriarto (2010) Kunci Sukses Membangun Aliansi Pemberdayaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha pemberdayaan masyarakat bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah saja tetapi hal ini juga merupakan tanggung jawab bersama. Dalam pelaksanaan pemberdayaan sering kali yang menjadi sasaran adalah masyarakat miskin. Oleh karenanya sebagai sebuah inisiatif pemberdayaan masyarakat dibentuk sebuah aliansi dengan anggota Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Dinas Koperasi dan UKM, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri, Badan Keluarga Berencana dan Pemebrdayaan Masyarakat Kota Malang, Koperasi Bhakti Asta Makmur, dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Malang sebagai kegiatan bersama untuk melatih, mendampingi,dan memberikan modal kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, model dan mekanisme, keberhasilan aliansi dalam pemberdayaan UPPKS serta mencari kunci keberhasilan membangun aliansi pemberdayaan di UPPKS Kota Malang. Peneltian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Pendekatan penelitian deskriptif eksploratif dilakukan karena ingin mendapatkan data yang akurat dan dapat menggambarkan keadaan terkini tempat penelitian. Penelitian dilakukan dalam program pemberdayaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Malang. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan melihat profil pada individu yang bertanggung jawab dalam kegiatan aliansi antar lembaga. Lembaga tersebut yang dimaksud adalah Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Keluarga Berencana dan Pemebrdayaan Masyarakat Kota Malang, Koperasi Bhakti Asta Makmur, dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif dimana ada tiga jenis kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kunci sukses dalam membangun aliansi pemberdayaan UPPKS adalah Keteraitan individu dengan tujuan, komitmen, pembelajaran yang berkelanjutan, penciptaan nilai, komunikasi, tujuan yang jelas, dan kesepakatan pada misi, nilai, strategi, dan nilai. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti perlu memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh lembaga-lembaga yang terkait dengan program pemberdayaan kelompok UPPKS di Kota Malang agar dapat terus maju dalam usaha pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/134/051000843
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2010 17:53
Last Modified: 23 Oct 2021 18:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104680
[thumbnail of 051000843.pdf]
Preview
Text
051000843.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item