pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 : studi pada Mahasiswa strara 1 Universitas Brawijaya Malang.

PradiptaWiraPradhana (2010) pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 : studi pada Mahasiswa strara 1 Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk ( product ), harga ( price ), promosi ( promotion ), saluran distribusi ( place ), orang ( people ), proses ( process )dan bukti fisik ( physical evidence ) terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 pada mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (keputusan pembelian) terhadap variabel bebas (bauran pemasaran) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden dari mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang yang merupakan pembeli dan pengguna kartu selular GSM IM3. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling yaitu prosedur sampling dimana responden awal dipilih berdasarkan metode non probabilitas kemudian mereka diminta untuk memberikan informasi mengenai rekan-rekan lainnya sehingga diperoleh lagi responden tambahan. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), promosi (X 3 ), saluran distribusi (X 4 ), orang (X 5 ), proses (X 6 ), dan bukti fisik (X 7 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 pada mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang dengan tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,573 (57,3%). Sedangkan secara parsial variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, orang, proses, dan bukti fisik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,000. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel harga (X 2 ) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,439. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketujuh variabel bebas yaitu produk ( product ), harga ( price ), promosi ( promotion ), saluran distribusi ( place ), orang ( people ), proses ( process ), dan bukti fisik ( physical evidence ) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 pada mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang, tetapi secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Variabel harga (X 2 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian kartu selular GSM IM3 pada mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/125/051000701
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Mar 2010 09:50
Last Modified: 23 Oct 2021 18:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104671
[thumbnail of 051000701.pdf] Text
051000701.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item