Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Menabung (Studi Pada Nasabah Bank Jatim Cabang Malang)

YuniSundaningtyas (2010) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Menabung (Studi Pada Nasabah Bank Jatim Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari lima variabel, yaitu: motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan, dan sikap terhadap keputusan nasabah dalam melakukan transaksi menabung pada PT. Bank Jatim Cabang Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (faktor psikologis) terhadap variabel terikat (keputusan nasabah) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dan descriptive research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 95 nasabah yang aktif menabung di PT. Bank Jatim Cabang Malang. Sedangkan pembagian sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dimana faktor psikologis yang terdiri dari variabel motivasi (X 1 ), persepsi (X 2 ), pembelajaran (X 3 ), kepercayaan (X 4 ), dan sikap (X 5 ) secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan transaksi menabung pada PT. Bank Jatim Cabang Malang sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah yaitu variabel motivasi (X 1 ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/12/051000213
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2010 10:08
Last Modified: 23 Oct 2021 18:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104665
[thumbnail of 051000213.pdf] Text
051000213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item