Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Kebangkrutan Lehman Brothers (Suatu Pengamatan Return, Abnormal Return dan Trading Volume Activity Pada Emiten yang Terdaftar dalam Indeks LQ-45 di BEI Periode 2

MAfrizalAzhari (2010) Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Kebangkrutan Lehman Brothers (Suatu Pengamatan Return, Abnormal Return dan Trading Volume Activity Pada Emiten yang Terdaftar dalam Indeks LQ-45 di BEI Periode 2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian event study ini bertujuan untuk mengamati perubahan return , abnormal return , dan trading volume activity pada saham emiten yang terdaftar dalam indeks LQ-45 di BEI periode 2008-2009 terhadap pengumumam kebangkrutan investment bank "Lehman Brothers", di AS, 15 Sepetember 2008. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang memiliki kriteria bebas dari efek pengganggu, dengan sampel emiten yang terdaftar dalam Indeks LQ-45 di BEI periode 1 Agustus 2008 s/d 31 Januari 2009. Penelitian ini menggunakan market-adjusted model untuk mengestimasi expected return. Dengan demikian, maka tidak diperlukan adanya periode estimasi, karena return sekuritas yang diestimasi sama dengan return indeks pasar pada saat tersebut. Sehingga, penelitian ini hanya menggunakan window period sebagai periode pengamatannya, yaitu selama 11 hari bursa (5 hari sebelum, 1 hari saat, dan 5 hari sesudah peristiwa). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return , Abnormal Return , dan Trading Volume Activity . Sedangkan alat pengujian statistik yang digunakan adalah Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan return yang signifikan pada periode (sebelum-saat), (saat-sesudah) dan (sebelum-sesudah) peristiwa, yang juga menunjukkan adanya perubahan harga saham yang signifikan; kemudian tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada abnormal return pada periode (sebelum-saat), (saat-sesudah) dan (sebelum-sesudah) peristiwa, yang menunjukkan tidak adanya asimetri informasi; dan pengujian terhadap trading volume activity diketahui tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada periode (sebelum-saat) peristiwa, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada periode (saat-sesudah) dan (sebelum-sesudah) peristiwa. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa pengumuman kebangkrutan Lehman Brothers berpengaruh terhadap aktivitas perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/110/051000580
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Mar 2010 14:26
Last Modified: 23 Oct 2021 18:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104656
[thumbnail of 051000580.pdf]
Preview
Text
051000580.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item