DennyAmarullah (2010) Analisis Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Kartu XL (Studi Pada Pengguna Kartu XL Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengambil judul tentang Analisis Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Kartu Xl (Studi Pada Pengguna Kartu XL Di Kota Malang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli kartu XL dan juga untuk mengetahui faktor apa yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu XL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat eksploratif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di kota Malang. Pengambilan sampel berdasarkan karakteristik atau dengan cara pertimbangan tertentu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil analisa menunjukkan bahwa Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terjadi pengurangan variabel dari 21 variabel menjadi 19 variabel. Variabel yang dikeluarkan adalah X3 (Pekerjaan), karena berdasarkan hasil analisis variabel ini mempunyai MSA kurang dari 0,5 yaitu 0,452. Selain itu variabel X4 (Pendidikan) juga dikeluarkan karena nilai komunalitas kurang dari 0.5, yaitu hanya 0.439, yang artinya tidak memenuhi syarat kecukupan yaitu lebih besar dari 0,5. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 6 faktor baru yang terbentuk yaitu faktor kemampuan bersosialisasi (F1) dengan eigenvalue sebesar 6,809, faktor lokasi konter mudah dijangkau (F2) dengan eigenvalue sebesar 2,293, faktor tarif layanan (F3) dengan eigenvalue sebesar 1,361, faktor fitur produk (F4) dengan eigenvalue sebesar 1,299, faktor iklan yang menarik (F5) dengan eigenvalue sebesar 1,241, dan faktor letak geografis (F6) dengan eigenvalue sebesar 1,099. Hasil analisis faktor menunjukkan prosentase keragaman ( prosentase of varian ) sebesar 70,505%. Hal ini mengandung arti bahwa penelitian ini mampu menjelaskan faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu XL sebesar 70,505%, sedangkan sisanya 29,495% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Dari hasil analisis faktor dapat diketahui bahwa faktor kemampuan bersosialisasi merupakan faktor utama yang paling dipertimbangkan konsumen karena memiliki sumbangan sebesar 34,044% dalam menjelaskan keragaman faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu XL. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya Bagi perusahaan Exelcomindo hendaknya dalam memasarkan produknya lebih memperhatikan faktor kemampuan bersosialisasi, faktor lokasi konter mudah dijangkau, faktor tarif layanan, faktor fitur produk, faktor iklan yang menarik, dan faktor geografis. Karena ke enam faktor tersebut merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kartu XL.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/101/051000550 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Mar 2010 11:52 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 18:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104646 |
Text
051000550.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |