Dampak Pariwisata Terhadap Perubahan Profesi Masyarakat di Danau Toba (Studi Kasus di Desa Tigaras, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara)

Nainggolan, Mai Fernando (2018) Dampak Pariwisata Terhadap Perubahan Profesi Masyarakat di Danau Toba (Studi Kasus di Desa Tigaras, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini dilaksanakn pada objek wisata Danau Toba yang terletak di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada bulan juli 2017. Kepariwisataan merupakan egiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan adanya interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat serta pemerintah daerah dan pengusaha. Danau Toba merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki panorama yang sangat indah dan lestari serta memiliki budaya masyarakat yang masih sangat erat dengan budaya Batak yang menjadi nilai tambah daerah ini. Danau Toba tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata tetapi juga dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya ikan. Kegiatan budidaya keramba jaring apung (KJA) yang sudah dilakukan di Danau Toba mulai tahun 1986, dan berkembang pesat dan semakin tidak terkontrol lagi pada tahun 1998 sampai pada tahun 2014. Hal ini menyebabkan beralihnya fungsi Danau Toba dari awalnya wisata menjadi daerah lokasi budidaya ikan air tawar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk Mengetahui tentang profil dan perkembangan wisata Danau Toba 2) Mengetahui keadaan masyarakat dan pemilik KJA sebelum dan setelah adanya perkembangan wisata Danau Toba, 3).Mengetahui perkembangan usaha yang dilakukan masyarakat setelah perkembangan wisata Danau Toba, 4).Mengetahui perubahan profesi yang terjadi pada masyarakat sebelum dan sesudah perkembangan wisata Danau Toba. Penelitian ini digunakan dengan jenis penelitian kualitatif, dengan metode studi kasus dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample dan snowball sampling dimana sampel yang diambil sesuai dengan tujuan penelitian. Metode kualitatif digunakan peneliti karena masalah yang dihadapi belum jelas dan kompleks. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Didalam penelitian ini sampel yang di wawancarai berjumalah 20 orang, yaitu yang terdiri dari pemilik KJA, wisatawan, masyarakat , stakeholder masyarakat, pedagang oleh-oleh, dan pengawas pariwisata yang ada di lokasi pariwisata danau toba. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dikumentasi yang dilakukan peneliti menemukan bahwa Perubahan profesi yang terjadi dimasyarakat desa Tigaras disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor external. Kebijakan mengenai penataan ulang KJA menyebabkan muncul usaha-usaha baru serta perpindahan penduduk yaitu masyrakat lebih memilih pindah ke daerah lain untuk mencari pekerjaan karena tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha yang baru. Perubahan ini memilik dampak yang baik yaitu lingkungan tetap terjaga dan masyarakat memiliki wawasan yang lebih luas. Selain itu perubahan ini juga memiliki dampak negative yaitu terkisis nya norma-norma yang ada pada masyarakat.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/25/051801897
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.371 Products of culture of invertebrates and cold-blooded vertebrates; aquaculture
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2018 02:59
Last Modified: 24 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10463
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (432kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item