Pengaruh Kualitas Pelayanan Kredit Usaha Rakyat Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Blitar.

DrinaLindiyaswati (2009) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kredit Usaha Rakyat Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Kredit Usaha Rakyat terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah: variabel Tangibles , variabel Reliability , variabel Responsiveness , variabel Assurance , dan variabel Empathy . Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 58 nasabah kredit usaha rakyat. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung . Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji F diketahui bahwa secara simultan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan secara parsial hanya variabel Responsiveness yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan variabel yang lain tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel Responsiveness adalah variabel dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Oleh karena itu maka Bank Rakyat Indonesia cabang Blitar perlu lebih meningkatkan pelayanannya, sehingga nasabah akan lebih percaya dan akan terus menggunakan jasa perbankan dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang menjelaskan bahwa hanya satu variabel yang signifikan maka peneliti menyarankan sebaiknya Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar agar lebih fokus lagi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah. Dengan melihat variabel Responsiveness yang dominan maka hendaknya perlu perhatian pada variabel ini untuk dijadikan suatu perbaikan dan menciptakan kepuasan nasabah secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/87/050900555
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 14:58
Last Modified: 23 Oct 2021 17:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104629
[thumbnail of 050900555.pdf]
Preview
Text
050900555.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item