Pengaruh Pelaksanaan Advertising Terhadap Peningkatan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Kalpataru Kota Malang,

IndraProboYuwono (2009) Pengaruh Pelaksanaan Advertising Terhadap Peningkatan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Kalpataru Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi persaingan dalam bisnis perhotelan yang semakin ketat yang menuntut setiap pelaku usaha untuk memiliki suatu keunggulan dalam mempromosikan usahanya agar dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Hotel Kalpataru Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perhotelan di Kota Malang. Kegiatan promosi yang telah dilakukan selama ini oleh Hotel Kalpataru adalah melalui media advertising . Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh advertising terhadap tingkat hunian kamar hotel dan menganalisis penerapan advertising yang efektif dalam meningkatkan hunian kamar hotel. Untuk mengetahui bagaimana upaya Hotel Kalpataru Malang dalam melaksanakan kegiatan advertising yang efektif untuk meningkatkan tingkat hunian kamar maka perlu diketahui terlebih dahulu pelaksanaan advertising yang ditunjukkan dengan jumlah biaya advertising dan tingkat hunian kamar yang ditunjukkan dengan realisasi pendapatan hotel tiap tahunnya. Analisis yang dipergunakan untuk mengetahui besar pengaruh pelaksanaan advertising terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Kalpataru Malang adalah menggunakan analisis regresi linear, sedangkan dalam pengujian hipotesisnya menggunakan uji t. Dalam analisis ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas ( advertising ) dan variabel terikat (tingkat hunian kamar hotel). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan advertising dengan peningkatan tingkat hunian kamar pada Hotel Kalpataru Malang. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dengan nilai t hitung (3,404) yang lebih besar daripada t tabel (2,353) atau nilai sig t (0,042) lebih kecil daripada sig α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah perusahaan dapat menggunakan beberapa alternatif media advertising yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, antara lain dengan memasang billboard di lokasi yang strategis, membuat iklan melalui radio atau televisi, menambah jumlah brosur dan memasang iklan pada harian surat kabar atau majalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/7/050900315
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2009 15:00
Last Modified: 23 Oct 2021 16:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104600
[thumbnail of 050900315.pdf] Text
050900315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item