Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Body Spray Axe: Dark Temptation Versi “Manusia Coklat” Pada Mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.

Wijaya, Erik (2009) Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Body Spray Axe: Dark Temptation Versi “Manusia Coklat” Pada Mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan televisi Axe selalu muncul dengan ide-ide terbaru dan unik dalam mengkomunikasikan pesan atau tema yang diusungnya, setelah sebelumnya mengeluarkan varian Fragnance dan menggunakan iklan versi Waitress Give Cell Phone Number yang dibintangi artis Asmiranda, kini muncul varian Produk Axe: Dark Temptation yang mengusung tema “Karena Cewek Ngebet Sama Cokelat” dan menggunakan iklan terbaru Axe versi “manusi cokelat”. Produk ini resmi diluncurkan pada 15 April 2009 di Jakarta. Tema acara yang diangkat dalam peluncuran produk ini adalah AXE mengajak para cowok menjadi cowok yang irresistible, “Karena Cewek Ngebet Sama Cokelat” . Risyantie Wulansari – Assistant Brand Manager AXE menjelaskan, ”AXE mengerti bahwa untuk menjadi sosok yang tidak dapat ditolak oleh cewek, cowok harus memiliki karakter dan sifat seperti yang diharapkan oleh cewek sekaligus memiliki fragrance yang menggoda seperti halnya cokelat. Untuk itu AXE meluncurkan varian terbarunya AXE Dark Temptation. Fragrance Axe Dark Temptation yang khas mengandung unsur cokelat, musk, sage , serta peach sorbet, memberikan kesan fragrance yang lembut dan sensual. Kehadiran AXE Dark Temptation diharapkan akan dapat melengkapi karakter positif cowok melalui fragrance yang menggoda dan disukai para cewek”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengukuran efektivitas Iklan Televisi Body Spray Axe: Dark Temptation Versi “Manusia Cokelat” dengan menggunakan EPIC model dan implikasinya terhadap keberlangsungan program iklan. Hasil dari analisis pengukuran efektivitas iklan televisi body spray Axe Dark Temptation versi “Manusia Coklat” menggunakan EPIC Model, yaitu dimensi Empathy , dimensi persuasion , dimensi impact , dan dimensi communication secara keseluruhan adalah Cukup Efektif dan khusus pada aspek Emphaty hasil yang diperoleh Efektif . Dimensi empathy (empati) yang mengukur tingkat kebagusan iklan dan rasa suka konsumen terhadap iklan televisi body spray Axe Dark Temptation versi “Manusia Coklat” dikatakan Efektif (3,62) . Dimensi Persuasion (persuasi) untuk melihat ketertarikan konsumen terhadap suatu produk dan menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli produk pada iklan televisi body spray Axe Dark Temptation versi “Manusia Coklat” dikatakan Cukup Efektif (2,85) . Dimensi Impact memperoleh hasil Cukup Efektif (3,24) , Dimensi Communication (komunikasi) menunjukkan tentang kejelasan penyampaian pesan dari iklan televisi, kemampuan iklan dalam mengkomunikasikan pesan, responden mengerti terhadap pesan yang disampaikan dalam iklan televisi dan kejelasan pencantuman nama merek dalam iklan. Pada iklan televisi body spray Axe Dark Temptation versi “Manusia Coklat” dimensi communication nya dikatakan Cukup Efektif (3,37) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/693/ 051100284
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2011 11:48
Last Modified: 30 Mar 2011 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104598
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item