Analisis pengaruh Earning Pershare (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang

LillaPuspitaKurniasih (2009) Analisis pengaruh Earning Pershare (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama investor untuk melakukan investasi adalah untuk memperoleh return (tingkat pengembalian). Semua investor ingin agar investasinya mendapatkan return yang setinggi-tingginya. Akan tetapi kenyataan membuktikan bahwa return dari investasi adalah tidak pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Earning per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap return saham perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method, sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2007. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah Uji F, Uji t dan Koefisien Determinasi R 2. Uji F yang untuk menguji signifikansi pengaruh variabel X secara keseluruhan terhadap variabel Y. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh tiap – tiap variabel independen secara parsial terhadap variabel independen. Dan Koefisien determinasi (R2) berguna untuk mengetahui besarnya persentase dari model persamaan yang digunakan dalam penelitian ini apakah telah mampu menjelaskan informasi yang terkandung dalam data dengan cara menghitung besarnya pengaruh langsung dari tiap – tiap variabel independen terhadap variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dengan menggunakan Uji F, variabel Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan Uji t hanya variabel Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE) yang berpengaruh secara parsial terhadap return saham pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini juga menghasilkan koefisien determinasi yang disesuaikan ( Adjusted R2) sebesar 0,334. Hasil tersebut menunjukkan variasi return saham yang dapat dijelaskan oleh variabel Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) dalam persamaan regresi hanya sebesar 33,4%, sedangkan sisanya sebesar 66,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar persamaan model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/67/050900534
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2009 10:20
Last Modified: 23 Oct 2021 16:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104573
[thumbnail of 050900534.pdf]
Preview
Text
050900534.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item