Pengaruh environmental disclosure terhadap kepercayaan investor (Studi pada Perusahaan Pertambangan, Minyak dan Gas yang Listing di BEI)

AiniRohimah (2009) Pengaruh environmental disclosure terhadap kepercayaan investor (Studi pada Perusahaan Pertambangan, Minyak dan Gas yang Listing di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengungkapan lingkungan ( environmental disclosure ) terhadap kepercayaan investor. Penelitian ini adalah penelitian event study yang dilakukan dengan menguji tingkat environmental disclosure pada laporan tahunan perusahaan pertambangan, minyak dan gas yang diukur dengan index pengungkapan dengan menggunakan GRI ( Global Reporting Initiative ) dan SAK no 29 dan 33, serta variabel control seperti profitabilitas , leverage , size , dan environmental concern terhadap kepercayaan investor yang diproksikan dengan menggunakan CAR ( Cumulative Abnormal Return ) disekitar tanggal publikasi laporan tahunan dan CATV ( Cumulative Abnormal Trading Volume ) sebagai analisis sensitivitas. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan, minyak, dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2005, 2006 dan 2007. Jumlah perusahaan yang diteliti adalah 10 perusahaan selama periode 3 tahun, sehingga dihasilkan 30 unit pengamatan. Hasil dari penelitian ini tidak dapat membuktikan adanya pengaruh dari environmental disclosure terhadap kepercayaan investor. Hasil ini menunjukkan bahwa environmental disclosure pada laporan tahunan masih belum dianggap sebagai good news dan tidak bernilai ekonomis oleh investor. Penelitian ini juga memberikan hasil bahwa tingkat pengungkapan informasi mengenai lingkungan ( environmental disclosure ) pada perusahaan pertambangan, minyak dan gas di Indonesia masih sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/662/051000073
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jan 2010 14:14
Last Modified: 23 Oct 2021 16:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104565
[thumbnail of ABSTAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I,II,III,IV,&_V.pdf]
Preview
Text
BAB_I,II,III,IV,&_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1_INDEX_PENGUNGKAPAN.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1_INDEX_PENGUNGKAPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_2_DATA_MENTAH.pdf]
Preview
Text
lampiran_2_DATA_MENTAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_3_corporate_action.pdf]
Preview
Text
lampiran_3_corporate_action.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item