Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Anggota Polri Satreskrim Polresta Malang).

RistriOctavianaPermanaPutri (2009) Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Anggota Polri Satreskrim Polresta Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan hukum serta ketatanegaraan Indonesia mendorong dilakukannya pembenahan-pembenahan dalam tubuh Polri baik dalam bidang pembinaan maupun bidang operasional. Dalam kebijakan Kapolri pun disebutkan bahwa Polri mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, peningkatan kualitas kerja, dan komitmen organisasi. Salah satu bidang atau fungsi operasional Polri yang turut dibenahi adalah Satuan Reserse Kriminal yang merupakan fungsi utama dalam melaksanakan tugas pokok Polri. Satuan Reserse Kriminal juga dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan yang sesuai dan memuaskan keinginan serta harapan masyarakat. Dalam meningkatkan pelayanan atau kinerja yang produktif dan profesional itulah maka perlu dicapainya kepuasan kerja anggota. Kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yakni pemenuhan kebutuhan dan kompensasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemenuhan kubutuhan dan kompensasi secara simultan, parsial, dan dominan terhadap kepuasan kerja anggota Polri Satreskrim Polresta Malang. Penelitian ini merupakan kombinasi penelitian eksplanatori yang merupakan penelitian yang menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan dan penelitian deskriptif sebagai lanjutan dari penelitian eksplanatori yang berperan untuk mengungkapkan dan menggambarkan seberapa besar tingkat pengaruh variabel dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan pada fungsi Satuan Reserse Kriminal Polresta Malang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling berdasarkan strata kepangkatan. Data penelitian ini diambil dari kuesioner, wawancara, onservasi dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabillitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji F, uji t, dan uji variabel dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja. Pemenuhan kerja tidak mempunyai pengaruh signifikan secara parsial pada kepuasan kerja. Sedangkan kompensasi mempunyai pengaruh signifikan secara parsial pada kepuasan kerja. Terakhir, kompensasi memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti perlu memberikan saran terhadap institusi Kepolisian Republik Indonesia untuk senantiasa meningkatkan kepuasan kerja anggotanya agar dapat mendorong kinerja yang lebih baik dan profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/641/051000030
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jan 2010 11:31
Last Modified: 23 Oct 2021 16:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104542
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HASIL_SPSS.pdf]
Preview
Text
HASIL_SPSS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KUESIONER.pdf]
Preview
Text
KUESIONER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item