Alasan Penggunaan Prinsip Revenue Sharing Dalam Distribusi Bagi-Hasil Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Kantor Cabang Malang.

AhmadFannyRobbani (2009) Alasan Penggunaan Prinsip Revenue Sharing Dalam Distribusi Bagi-Hasil Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Kantor Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan prinsip revenue sharing dalam distribusi bagi-hasil pembiayaan mudharabah yang dilakukan oleh Bank Muamalat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Saat ini secara umum bank-bank syariah di Indonesia masih menggunakan prinsip revenue sharing dalam distribusi bagi-hasil pembiayaan, yaitu perhitungan bagi-hasil didasarkan pada total pendapatan usaha nasabah. Sesuai dengan PSAK No. 105 disebutkan bahwa distribusi bagi-hasil pembiayaan mudharabah dilakukan berdasarkan prinsip bagi-hasil atau bagi-laba ( profit sharing ). Hal ini menunjukkan bahwa Bank Muamalat bersikap menghindari resiko yang terdapat pada prinsip profit sharing . Resiko tersebut adalah sikap tidak amanah nasabah, tingkat kepemilikan informasi yang lebih yang dimiliki oleh nasabah, dan para deposan di Indonesia belum bisa menerima kerugian bank yang dibebankan kepada mereka. Alasan yang mendasari Bank Muamalat menggunakan prinsip revenue sharing adalah edukasi masyarakat Indonesia yang masih rendah tentang perbankan syariah, masyarakat Indonesia belum bisa menerima kerugian dari prinsip profit/loss sharing , serta masih tingginya sikap tidak amanah nasabah pembiayaan. Dalam penerapan bagi-hasil berdasarkan prinsip revenue sharing tersebut terdapat beberapa kendala yaitu tidak terpenuhinya target pendapatan bagi-hasil dan kendala pembiayaan mudharabah itu sendiri. Adapun cara yang dilakukan oleh Bank Muamalat untuk meminimalisir resiko yang terjadi adalah dengan melakukan peningkatkan kualitas preferensi mudharib yang pantas untuk diberikan dana pembiayaan mudharabah . Sedangkan resiko pada penggunaan prinsip profit sharing bisa diminimalisir dengan cara mengharuskan nasabah pembiayaan menggunakan rekening giro milik bank yang bersangkutan, pihak bank melakukan pengecekan rutin ke lapangan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perbankan syariah secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/625/050903655
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2010 14:36
Last Modified: 23 Oct 2021 15:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104526
[thumbnail of 050903655.pdf]
Preview
Text
050903655.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item