Perancangan Software Interface Sistem Manajemen Kas Berbasis Database Management System Dengan Menggunakan Microsoft SQL Server 2000 dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 : kasus pada Rumah Sakit Ya

RochvitaWidyaningtyas (2009) Perancangan Software Interface Sistem Manajemen Kas Berbasis Database Management System Dengan Menggunakan Microsoft SQL Server 2000 dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 : kasus pada Rumah Sakit Ya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) digunakan untuk memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam menjalankan operasional bisnis. Informasi yang baik dapat dihasilkan dengan menggunakan Database Management System (DBMS) berdasarkan prinsip pengendalian internal. Saat ini, rumah sakit Yasmin terutama di sistem manajemen kas, masih belum menerapkan DBMS, sehingga diperlukan suatu rancangan sistem manajemen kas berbasis DBMS dalam pengelolaan data. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan single case study. Sehingga penelitian ini menjelaskan kondisi kasus yang akan diteliti, mengevaluasinya serta memberikan saran terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana penerapan sistem manajemen kas yaitu sistem penerimaan kas dan pengeluaran kas di departemen administrasi, keuangan, dan akuntansi rumah sakit Yasmin. Setelah itu, melakukan analisa terhadap prosedur manajemen kas kecil, manajemen kas besar, dan manajemen kas bank hingga informasi yang dihasilkan dan merancang software akuntansi sistem manajemen kas. Proses perancangan software akuntansi sistem manajemen kas selalu berdasarkan pada pengendalian internal, yaitu pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, sistem manajemen kas rumah sakit Yasmin masih memiliki beberapa kelemahan pada pengendalian internal rumah sakit. Kelemahan tersebut dapat diperbaiki dengan adanya prosedur, kebijakan manajemen, kebijakan akuntansi, dan penggunaan software akuntansi sistem manajemen kas yang berbasis DBMS dan berdasarkan pengendalian internal yang kuat. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan serta membawa perbaikan untuk operasional bisnis rumah sakit Yasmin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/623/050903652
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2010 10:08
Last Modified: 23 Oct 2021 15:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104524
[thumbnail of 050903652.pdf]
Preview
Text
050903652.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item