Analisis Pengaruh Posisi Produk Terhadap Citra Merek Shampo Clear (Studi Pada Mahasiswa S–1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang)

PradiptyaSantoso (2009) Analisis Pengaruh Posisi Produk Terhadap Citra Merek Shampo Clear (Studi Pada Mahasiswa S–1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Positioning Clear shampoo adalah shampoo yang diposisikan sebagai shampoo anti ketombe dengan formula vita-Ace yang membantu mengobati ketombe pada rambut. Segmen utama yang dituju Clear shampoo adalah para remaja dan pekerja pemula. Strategi yang ditempuh PT.Unilever dalam memposisikan produk Clear shampoo menggunakan pendekatan position on product features . Berdasakan keterangan diatas, tidak ada satupun shampoo yang diposisikan sama dengan Clear shampoo.untuk itu menarik untuk diteliti apakah posisi produk yang berbeda tersebut mampu menghasilkan citra merek dibenak konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh poduk dari posisi produk terhadap citra merek shampoo merek Clear pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan untuk mengetahui posisi produk mana yang berpengaruh dominan terhadap citra merek Clear shampoo pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sampel yang digunakan adalah sebesar 96 responden dengan Teknik sampling non-random (non-probability) sampling . Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan variable atribut positioning,position on benefit, user positioning, competitor positioning dan price positioning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image shampoo Clear pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Secara parsial hanya variable competitor yang tidak mempunyai pengaruh signifikan sedangkan keempat variable lainnya punya pengaruh signifikan. pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut didapat bahwa variable price positioning (X5) memiliki pengaruh dominan terhadap citra merek shampoo Clear pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/60/050900527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Mar 2009 10:28
Last Modified: 23 Oct 2021 15:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104496
[thumbnail of 050900527.pdf] Text
050900527.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item