Analisis Pengaruh Pendidikan terhadap Profesionalisme dan Analisis Pengaruh Profesionalisme terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi Empiris Auditor Internal Bank di Kota Malang

ReginaDwiHapsari (2009) Analisis Pengaruh Pendidikan terhadap Profesionalisme dan Analisis Pengaruh Profesionalisme terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi Empiris Auditor Internal Bank di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat pendidikan auditor intern bank terhadap profesionalisme dan keterkaitannya dengan beberapa outcomes seperti kinerja,kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan di sejumlah bank di kota Malang dan Surabaya. Peneliti memperoleh responden sebanyak 45 orang auditor intern yang bekerja di bank. Data diolah menggunakan SPSS 13.00. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model pengujian regresi I menunjukkan bahwa, variabel pendidikan berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme yang memiliki lima dimensi yaitu dedikasi, kewajiban social, kemandirian, peraturan professional tersendiri, dan afiliasi komunitas meskipun tidak terlalu besar. Selanjutnya hasil analisis untuk model pengujian regresi II menunjukkan bahwa profesionalisme secara signifikan mempengaruhi secara positif terhadap kinerja,kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Namun tidak ada yang memiliki pengaruh secara dominan. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh berubahubahnya tingkat keinginan auditor intern sebagai karyawan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi bank-bank untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi auditor dalam meningkatkan kinerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/593/050903545
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Dec 2009 12:15
Last Modified: 23 Oct 2021 14:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104489
[thumbnail of 050903545.pdf]
Preview
Text
050903545.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item