Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen AutoBridal 45 Malang.

PriyadiHadiAsmoro (2009) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen AutoBridal 45 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada tempat perawatan mobil AutoBridal 45. Dalam penelitian ini terdapat lima variable yang diujikan yaitu : bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang menyoroti hubungan antara variable-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan tempat perawatan mobil AutoBridal 45 Malang sebagai obyeknya. Dari hasil analisis diketahui bahwa variable responsiveness adalah variable yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen. Maka dari itu pihak “AutoBridal 45” harus bisa meningkatkan kualitas pelayanannya dengan memperhatikan variable tersebut, sehingga konsumen bisa lebih percaya dan tidak berpindah ke bengkel lain. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen yang pernah menggunakan jasa AutoBridal 45, dengan sampel sebanyak 105 responden. Teknik pengumpulan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepusatkaan (library Research) dan studi lapangan (Field Research). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuisioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F test dan t test . Untuk menganalisis data digunkan uji regresi linear berganda dan diperkuat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji F diketahui bahwa sevara simultan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa secara parsial variable empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepusan konsumen. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada pihak AutoBridal 45 untuk menciptakan dan mempertahankan kepusan konsumen, secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/58/050900551
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Mar 2009 15:01
Last Modified: 03 Mar 2009 15:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104474
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item