Pengaruh Asset Growth, Leverage, Liquidity, Asset Size dan Earning Variability terhadap Resiko Sistematik : studi pada Saham Perusahaan Retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

AriefLukmanHakim (2009) Pengaruh Asset Growth, Leverage, Liquidity, Asset Size dan Earning Variability terhadap Resiko Sistematik : studi pada Saham Perusahaan Retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seorang investor akan mempertimbangkan resiko dengan return investasi sebelum memutuskan menginvestasikan dananya di pasar modal dengan membeli sekuritas yang diperdagangkan di bursa. Yang dimaksud dengan resiko investasi dalam hal ini adalah penyimpangan hasil yang diperoleh terhadap hasil yang diharapkan atau dengan kata lain terdapatnya kemungkinan terjadinya peristiwa yang tidak menguntungkan terhadap investasinya. Risiko pada investasi terbagi dalam dua kelompok dasar yaitu risiko sistematis dan risiko tidak sistematis. Dengan anggapan bahwa semua investor bertindak rasional dan melakukan diversifikasi maka risiko yang relevan bagi investor adalah risiko sistematis. Tujuan penelitian ini adalah mengukur besarnya pengaruh faktor fundamental (asset growth, leverage, liquidity, asset size dan earning variability) perusahaan dalam mengeliminir pengaruh risiko pasar (resiko sistematik (β)) sehingga nilai perusahaan akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stakeholders. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan retail yang listing pada Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 8 tahun (2000- 2007) yang memiliki ketersediaan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan resiko sistematik (β) saham perusahaan retail secara simultan dipengaruhi oleh variabel asset growth, leverage, liquidity, asset size dan earning variability. Sedangkan secara parsial, variabel asset growth, liquidity, dan earning variability berpengaruh signifikan terhadap resiko sistematik (β). . Dari uji hipotesis didapatkan bahwa Variabel liquidity mempunyai pengaruh dominan terhadap resiko sistematik (β).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/559/050903290
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2009 10:08
Last Modified: 26 Nov 2009 10:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104452
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item