Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Penguasaan Teknologi Informasi Pemakai terhadap Kepuasan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi : Suatu Tinjauan Lima Faktor Kontijensi : studi kasus di Pemerinta

DwiEriRahayu (2009) Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Penguasaan Teknologi Informasi Pemakai terhadap Kepuasan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi : Suatu Tinjauan Lima Faktor Kontijensi : studi kasus di Pemerinta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh partisipasi pemakai dan penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi serta mencari pengaruh lima moderating variable –kebijakan organisasi, kompleksitas sistem, ekspektasi kinerja, kesesuaian tugas, minat pemanfaatan sistem informasi- pada pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dan pada pengaruh penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai sistem informasi. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan ketidakkonsistenan hasil penelitian sehingga topik ini masih menjadi bahasan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini berdasarkan hasil uji terhadap 70 responden pada organisasi pemerintah yang menggunakan sistem informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi pemakai tidak secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai, namun pada penguasaan teknologi informasi pemakai secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai. Selanjutnya, lima variabel yang diuji dalam penelitian ini terbukti memiliki peranan yang penting pada hubungan tersebut. Kompleksitas sistem, kesesuaian tugas serta minat pemanfaatan sistem informasi terbukti secara signifikan menjadi quasi moderator pada pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai. Sedangkan kebijakan organisasi dan ekspektasi kinerja menjadi independent predictor terhadap kepuasan pemakai. Namun, pada variabel independen penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai, secara signifikan lima variabel tersebut menjadi quasi moderator. Implikasi dari penelitian ini relevan pada para pengembang sistem dan para akademisi untuk mencoba menjelaskan bagaimana, kapan, dimana, dan mengapa partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi diperlukan. Hasil penelitian ini membantu menjelaskan pengaruh partisipasi pemakai dan penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai pada keadaan dan kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/552/050903256
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2009 09:59
Last Modified: 04 Nov 2009 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104445
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item