Kinerja Non Finansial Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

YossyRizkiPermataSari (2009) Kinerja Non Finansial Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mengetahui kinerja sektor perbankan harus dilakukan pengukuran kinerja pada sektor perbankan tersebut. Salah satu alat pengukuran kinerja yang menyediakan kerangka komprehensif kepada pihak manajemen adalah balanced scorecard yang dikembangkan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Fokus penelitian ini pada sistem pengendalian manajemen yang diukur menggunakan perspektif non keuangan yang terdapat di dalam balanced scorecard . Penelitian ini dilakukan pada sektor perbankan level cabang, sehingga data-data yang berkaitan dengan keuangan tidak bisa didapatkan. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kuantatif dilakukan dengan menganalisa laporan manajemen dengan menggunakan taktik pengukuran pendekatan Balanced Scorecard, sedangkan metode kualitatif didasarkan pada keadaan perusahaan, kebijakan perusahaan, dan hal-hal lain yang mendukung keputusan. Secara keseluruhan, berdasarkan pengukuran ketiga perspektif dalam balanced scorecard (perspektif keuangan tidak dikaji karena adanya rahasia bank) menunjukkan bahwa implementasi konsep balanced scorecard yang dilakukan oleh Bank BRI Kantor Cabang Kawi Malang sebagai sistem pengendalian manajemen menunjukkan implementasi yang baik,dimana dalam perspektif nasabah, para nasabah menunjukkan respon yang positif terhadap atribut produk/jasa yang ditawarkan, kemampuan karyawan dalam pelayanan, kesan dan reputasi sehingga nasabah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Bank BRI Kantor Cabang Kawi Malang. Dalam perspektif proses bisnis internal menunjukkan implementasi yang cukup baik dimana pihak Bank BRI Kantor Cabang Kawi Malang berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan suatu inovasi pelayanan dan pengembangan peralatan operasional sesuai keinginan dan kebutuhan nasabah sehingga dalam proses operasional (pelayanan). Adapun dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, menunjukkan implementasi yang baik dimana pihak Bank BRI Kantor Cabang Kawi Malang berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM karyawannya dengan meningkatkan produktivitas dan pelatihan bagi mereka. Penulis menyarankan agar Pihak Bank BRI Kanca Kawi Malang diharapkan untuk terus meningkatkan berbagai tolok ukur indikator pada ketiga perspektif dalam balanced scorecard, khususnya dengan menciptakan inovasi terbaru agar dapat memimpin pasar dalam jasa pelayanan perbankan baik di Kota Malang maupun di Indonesia. Inovasi tersebut baik pada produk/jasa maupun pada sistem pelayanan sebaiknya selalu dilakukan setiap tahun agar dapat menarik nasabah dan memiliki daya saing dengan bank-bank lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/55/050900523
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 10:04
Last Modified: 04 Mar 2009 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104442
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item