Pengaruh Locus of Control Terhadap Respon Auditor Dalam Situasi Konflik Audit, Kesadaran Etis Sebagai Moderating Variabel. (Studi Pada Akuntan Publik di Kota Malang)

TantiDwiMandasari (2009) Pengaruh Locus of Control Terhadap Respon Auditor Dalam Situasi Konflik Audit, Kesadaran Etis Sebagai Moderating Variabel. (Studi Pada Akuntan Publik di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah locus of control berpengaruh terhadap respon auditor dalam situasi konflik audit. Serta pengaruh interaksi antara locus of control dan kesadaran etis terhadap respon auditor dalam situasi konflik audit, dalam hal tersebut kesadaran etis berfungsi sebagai moderating variabel yaitu apakah kesadaran etis memperkuat hubungan antara locus of control terhadap respon auditor. Sampel penelitian ini sejumlah 30 akuntan publik yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunkan Metode Simple Linier Regression untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap respon auditor dalam situasi konflik audit. Sedangkan untuk melihat pengaruh interaksi antara locus of control dan kesadaran etis terhadap respon auditor dalam situasi konflik audit digunakan metode statistik Moderated Regression Analysis. Berdasarkan hasil penelitian diperoroleh bukti bahwa karakteristik locus of control seseorang berpengaruh terhadap respon auditor dalam situasi konflik audit. Disisi lain, Penelitian ini tidak dapat membuktikan pengaruh kesadaran etis sebagai variabel moderating yang memperkuat hubungan antara locus of control dan respon auditor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/542/050903174
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:51
Last Modified: 03 Nov 2009 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104434
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item