Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus Usaha Produksi Gula Merah di Desa Pakistaji Kabupaten Banyuwangi).

DenyEkoSetiabudi (2009) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus Usaha Produksi Gula Merah di Desa Pakistaji Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada sektor UMKM, dengan studi kasus pada usaha produksi gula merah di desa Pakistaji Kabupaten Banyuwangi. Pemilihan studi kasus ini berdasarkan pada pertimbangan bahwa gula merah merupakan salah satu ciri komoditi ekonomi yang cukup potensial untuk di kembangkan karena gula merah banyak di pakai sebagai bahan campuran berbagai kuliner nusantara dan juga banyak menyerap tenaga kerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuisioner. Data sekunder dipilih dengan dasar bahwa data tersebut berguna dan menunjang bagi tercapainya tujuan penulisan ini. Pengambilan data di lakukan dengan metode sensus karena jumlah populasinya di bawah seratus. Data sekunder penelitian ini berasal dari Deperindag, Kantor Desa Pakistaji, Dinas Kependudukan dan BPS. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisa dengan menggunakan analisa regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari jumlah unit usaha, nilai produksi dan modal/investasi terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor UMKM gula merah tersebut. Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa jumlah unit usaha, nilai produksi dan modal/investasi secara bersama-sama mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada sektor UMKM. Dalam studi kasus pada usaha produksi gula merah tersebut ternyata semua variabel bebas yakni : jumlah unit usaha, nilai produksi dan modal mempunyai nilai yang positif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penyerapan tenaga kerja pada usaha produksi gula merah dipengaruhi oleh unit usaha, nilai produksi dan modal/investasi. Maka dari itu pengembangan usaha produksi gula merah perlu lebih di tingkatkan demi perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Banyuwangi khususnya desa Pakistaji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/54/050900522
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 10:20
Last Modified: 04 Mar 2009 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104432
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item