Pengaruh Pelatihan Terhadap Persepsi Peserta Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Individu (Standard Performance) Pada Balai Latihan Kerja (Studi Kasus: UPT Pelatihan Kerja Madiun)

AmaliaRapihPuspa (2009) Pengaruh Pelatihan Terhadap Persepsi Peserta Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Individu (Standard Performance) Pada Balai Latihan Kerja (Studi Kasus: UPT Pelatihan Kerja Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang cukup memprihatinkan ditandai dengan jumlah penganggur dan setengah penganggur yang besar, pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata. Untuk daerah Madiun sendiri, angka penganguran di Kota Madiun terus membengkak. Jika pada akhir tahun 2007 lalu jumlah pengangguran hanya sekitar 2 ribu orang, kini lebih dari 4 ribu orang tak punya pekerjaan. Untuk Kabupaten Madiun sendiri kondisi pengangguran juga terus meningkat.Tahun 2008 tercatat ada 387.503 angkatan kerja dan baru 341.864 orang yang mendapat pekerjaan. Jumlah ini terdiri dari tenaga kerja lulusan SD, SMP, SMA, D3 dan juga S1. Berdasarkan pada fenomena ini, maka diperlukan upaya untuk mengurangi atau meminimalisir jumlah pengangguran. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menyalurkan para tenaga kerja ini pada BLK (Balai Latihan Kerja). Di BLK ini para tenaga kerja akan mendapatkan pembinaan, yang meliputi pengetahuan (teori) dan pelatihan (praktek) yang nantinya akan dapat mejadikan mereka menjadi individu yang lebih baik dan berkompeten sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri para tenaga kerja dalam menghadapi dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan terhadap persepsi peserta dalam rangka peningkatan kemampuan individu (standard performance). Sedangkan untuk hasil penelitiannya, berdasarkan hasil analisa regresi, maka didapatkan hasil bahwasanya variable sikap (perilaku) berpengaruh parsial sekaligus dominant terhadap peningkatan kemampuan individu. Hal ini dikarenakan praktek yang dilaksanakan di UPT pelatihan ini lebih banyak frekuensi waktunya daripada teori. Dan untuk beberapa bidang pelatihan melaksanakan praktek secara berkelompok sehingga para peserta akan terbiasa untuk berinteraksi dengan sesama peserta dan juga pelatih dan bekerjasama sehingga akan membentuk pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/538/050903170
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2009 11:26
Last Modified: 23 Oct 2021 15:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104430
[thumbnail of 050903684.pdf]
Preview
Text
050903684.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item